Unyeng-Unyeng

Tau khan Unyeng2…?

Itu lho, kalo kita sakit kepala truz kepala kita  unyeng2…

Huss, itu kan puyeng..!!??

Oh Iya. Tapi ini masih ada hubungan sama kepala kok…!

Truuz.. apa dong…?

Unyeng2 itu pakaian adat bali. Biasanya dipake ma cowok2 Bali buat sembahyang, ato juga buat upacara2 adat.

Wah, kacau ini. Itu kan  Udeng…

Lho udeng itu kan enak buat di makan. Upss, Itu udang ya…!!?

Ayo dong serius. Apa sich Unyeng2 itu…?

Yaps, ini masih ada hubungannya dengan kepala. Coba dech, periksa kepala masing2, pasti disana ada unyeng2.

Unyeng2 adalah pusat penyebaran rambut di kepala. Biasanya setiap kita memiliki minimal 1, dan ada juga yang 2 ato bahkan 3. Letaknya pun beragam. Biasanya ada persis diatas kepala. Tetapi, ada juga yang didepan kepala, persis dekat jidat. Dan ada juga ditempat lainnya diatas kepala. Nah kalo sobat blogger, unyeng2nya ada dimana…?

Ada banyak mitos seputaran unyeng-unyeng ini. Pernah denger khan…?

Waktu saya kecil dulu, ada yang bilang, jika unyeng-unyengnya ada dua, berarti anaknya nakal.

Secara aqidah, kita tidak boleh mempercayainya. Seorang anak dilahirkan dalam keadaan fitrah/suci. Jadi yang membuat anak tersebut nakal ato tidak, adalah orang tuanya. Orang tualah yang membuat anaknya menjadi seorang Nasrani, Yahudi, atau Majusi.

Secara biologispun, tidak ada kaitan anak yang memiliki unyeng-unyeng lebih dari satu dengan kenakalan anak tersebut. Coba, ada yang berminat untuk meneliti hal ini…?

Secara psikologis, anak yang dicap nakal karena memiliki unyeng-unyeng lebih dari satu oleh masyarakat, bisa jadi mewujudkan stempel tersebut. Terlanjur dicap nakal, anak tersebut akhirnya berbuat kenakalan. Ini terjadi kalo secara mental anak tersebut kuat. Bayangkan kalo anak tersebut memiliki mental yang lemah. Dia akan menjadi anak yang minder, ato bahkan jadi penakut, karena Cap kejelekan sudah menempel dalam dirinya.

So, jangan percaya mitos bahwa anak yang memiliki unyeng-unyeng 2 ato bahkan lebih adalah anak yang nakal…

Iklan

61 thoughts on “Unyeng-Unyeng

  1. Setuju … setuju banget sama Papanya Farrel (mmm ini pasti nama anaknya kan Pak ?)

    Karena di cap nakal … maka jadilah anak itu nakal beneran …

    Unyeng-unyeng … ??? mmm itu kan kesenian khas Jakarta bukan ? … Oh itu Ondel-ondel ya … (hahaha … jauh sangat …)

    Yaps, Farrel adalah amanah dari Allah buat saya yang unyeng-unyeng hanya satu… 😀

  2. Unyeng-unyeng….
    wah kalau saya bilangnya user-user…
    kalau enggak salah ada 3…
    nakal enggak ya… ?
    *kok nanya sih ndut*

    Lho bukannya user itu artinya pengguna. usernya ada 3. Siapa aja…?
    *Jaka sembung makan golok,…*

  3. kalu bahasa daerah saya namanya puseran….

    unyeng-unyeng=puseran ya….
    salam kenal… mas farrel… salam persahabatan 🙂

    Lahat dekat dengan kampung halaman saya lho, Kepahiang-Bengkulu…
    Salam persahabatan juga… 😀

  4. Iya bener akau juga sering denger mas.. kalo di Belitong orang menyebutnya usar2.. Ktanya kalo permpuan trus punya usar2 dua pasti anaknya nakal sekaligus cerdas.. kalo cerdasnya sih boleh2 aja anggap aja itu doa tuk dia tpi tetep cerdas bukan krna puteran di pala or ubun2 tapi doa yang sering ditujukan padanya sehinga, mudah2han suatu saat dia bener2 cerdas….

    Amiin. Yang penting, doakan aja yang baek2, supaya punya motivasi yang baek juga… 😀

  5. Kalao di sunda gregetan itu biasa di ekspresikan dengan ungkapan. “UNYENG UNYENG”. sambil pipi tembem anak itu di cubit….setelah anak nangis…eh di cubit lagi unyeng unyeng katanyanya unyeng unyeng….maknanya mungkin kalau di translate paling ya…Unyeng+unyeng =GREGETAN.

    Kalo ditempat saya unyeng itu untuk ungkapan setelah makan. Misalnya : Duh, perut saya unyeng habis makan dua piring…wakakakkk…

  6. ini bahas unyeng” kok komennya malah bahas udel
    ga tau kali yaa mereka kalo punya udel itu memperlambat pergerakan kita
    ga percaya???
    liat kuda, kucing, macan
    ga punya udel
    larinya kencangggg

    (lah kok saya malah ikut”an bahas udel)

    Lho kok tau sich, kuda, kucing, macan ga punya udel. Pernah maen ma mereka ya…? wakakakkk…

  7. kalo gundul???
    unyeng2 semua ya berarti??

    Pasti Bang Ciwir waktu kecil ampe sekrang gundul ya…! Makanya ga’ punya udel… Upss..uyeng2 maksudnya…! wakakakk….

  8. Wah,,, fandy rada g’ setuju tuh kalo unyeng2’na 2 tanda’na anak nakal.. Bktinya aku iang punya double unyeng2 tetep jadi anak baik2 kok,,,heheh 😆 (narsis mode:on)

    Oia bwt2 temen2 silakan mampir kegubuk fandy di http://fandi88.wordpress.com

    Jgn lupa ngasi comment. Sekalian fandi juga lg butuh solusi bwt b’bgi link,, ada yg punya saran silakan mampir yach,,

    Tenang Fandy yang Narsis, saya pasti nanti mampir…

  9. Jadi inget si pelawak Timbul. Bahasanya unyeng-2 itu apa ya? Anyang-2? walah…hehehe

    Pasti Bendol punya pengalaman ngelawak bareng Timbul ya…! wakakakkkk….
    Anyang2 itu, kalo kita bawaannya pengen pipis terus.Istilah lainnya BESEEEER…

  10. kalau dibali di sebut USuaann bosssss.Kalau ada 2 mitosnya dia lahirnya bareng monyet, hehehehe jadi nuakal. 😀
    “””Seorang anak dilahirkan dalam keadaan fitrah/suci. Jadi yang membuat anak tersebut nakal ato tidak, adalah orang tuanya”””” Nah lhooooo,jadi kalau besok si farel nakal kita marahin aja ortunya terutama bapaknya heheheheh. 😀

    Punya pengalaman menarik ya, lahir bareng monyet…? wakaakkkk….

  11. Yang pernah saya denger di Bali, Uyeng-uyeng atau Usuan (versi Bali) kadang orang yang empunya Pelit..aseli pelit..
    hehe..

    Maksudnya kalo punya lebih dari satu, pelit gitu…?!?
    Masak sich…?

  12. kalo unyeng2nya ada 3 gimana? kayak pak eko….. Katanya sih, kalo gitu mirip dengan……..

    Lho bukannya Pak bisena yang unyeng2nya ada 3…?!?!?
    Dulu kan Pak Bisena pernah liatin ke saya. Itu pun yang keliatan. Pdahal yang ga’ keliatan buuuanyak bgt… 😀

  13. Sejak kapan nih pindah rumah… betewe, tau dari mana saya ULTAH ??? bos, punya facebook account ga ? pindahan yuk.. dari FS ke FACEBOOK.com

    Pindah rumah kemana…?
    Pas buka FS, ada pemberitahuan Ultah Om Ian. Aduh, saya blm punya FB. Tar dulu dech pindahan kesana. Masih sibuk ngurus yang lama… 😀

  14. unyeng unyeng itu ada di pusat kepala..atau kadang berada di atas dahi..menurut yang aku tau neh… itu menandakan karakteristik dari si punya unyeng-unyeng itu,konon katanya… ce ile kayak mau ndongenmg he he he.. kalau punya unyeng-unyeng lebih dari satu baik itu 2 atau 3 atau bahkan 10 orangnya bakalan nakal…,tapi kan nakal itu identik dengan pintar..,jadi SO WHAT GITU LOH….

    Masak sich nakal itu identik dengan pintar…?!?!?

  15. hehehe bener tuh mas farrel, masa cuma gara unyeng2 kita menjadikan patokan nakal tidaknya seseorang
    itu kan cuma berdasarkan rata2 aja klo kebanyakan anak nakal punya unyeng2 lebih dari satu
    mendingan juga kita mikirin unyeng2 mercon aja deh..eh salah itu oseng2 mercon kaleeee 🙂

    Lho, oseng2 itu bukannya makanan…?!?!? 😀

  16. Assalamu’alaikum sahabat ^_^
    maaf lama tak berkunjung…
    yups, setuju jangan percaya mitos unyeng2, hehe
    setiap anak pada dasarnya baik, tinggal para orang tua yang berusaha mengarahkannya agar jadi anak yg semakin baik.

    Walaikumsalam Uni…
    Uni sibuk ya…? Yang penting, tali silaturrahim jangan diputus…

  17. di ketiak ada unyeng unyengnya ga??????

    Nah, sekarang coba Viki ambil kaca. Truz buka bajunya. Sambil menghadap cermin, angkat satu ato kedua tangannya. Lihat dengan jelas, pasti diketiaknya ada unyeng2…wakakakkkk

  18. pindahan rumah… dari blog yg lama ke blog domain ekomadjid.co.cc ituh

    Oo itu. Mumpung ada domain gratisan, kenapa ga’ dimanfaatin. Tapi yang lama masih bisa dibuka kok…

  19. unyeng-unyengku kek apa yah.. ?? :mrgreen:

    ikutan IBSN yuk.. bulan ini tutup tgl 25 jan ‘ 09 jam 23.59wib kami tunggu yah… IBSN (Berbagi Tak Pernah Rugi)

    salam kenal, ^_^

    Kayak unyeng2 kali…wakakkkk
    IBSN…? Ada keinginan ikutan sich. Tapi ga’ sekarang. Salam kenal juga…

  20. mas farrel, unyeng2ku ada dua…dan walaupun saya cewek, waktu kecil saya memang luar biasa bandelnya..
    jadi, mitosnya itu berlaku nggak ya mas? hiik..hik… sapa yang mw ngampil unyeng2ku satuuu aja??nih saya kasih deh T_T

    Cuma kebetulan aja kali…

  21. ooo..namanya uyeng2 tocgh, kok g keren ya? Hahaha…klo di Makassar paling cm sebutnya ‘pusar rambut’ aja, pdhl khan pusat rambut yagh g cm disitu doank y? Hehe..
    well, klo mitos yg kebanyakan berkembang di kotaQ sech, klo punya 2 uyeng2, istrinya nanti ada 2 juga! Wakakakak… 😆

    Wah, enak dong kalo punya unyeng2 10 biji… 😀

  22. anak saya cewek, Keisha namanya, unyeng2nya jg 2, Insyaallah yang “dituduhkan” itu tidak benar, jadi dia tetap jadi anak yg manis dan jd kebanggaan keluarga. Amin…

  23. banyak yang bilang punya puseran kelapa eh kepala 2 katanya nakal. hmmm… Nakal karena mungkin ga bisa diem. Kan orang dulu bilang klo ada anak yang ga bisa diem disebut nakal. hehehehe… itu c ortu yang ga sabaran aja kali yaaaa hehehhe…………..

  24. apapun yang diciptakan oleh Allah SWt pasti ada maksut dan manfaatnya . jadi seperti unyeng-unyeng itu itu bukanlah mitos ataupun hal yang masih mergukan hanya saja manusia masih belum bisa menjangkau apa yang ditandakan oleh Allah SWT karena hal yang berkaitan dengan jodoh,rezeki,kematian sudah digariskan dan tentunnya pada suatu tanda yang terdapat di seluruh tubuh manusia. jadi aku sih juga gag percaya tapi aku juga masih penasaran apa sih arti tanda yang diberikan Allah . mungkin suatu saat manusia akan bisa menjawabnya ketika teknologi2 dan penafiran2 semakin mendalam.

    • Kdua anak saya unyeng2 nya ada 5, satu di atas kpla, satu di jidad, satu di alis kiri dan satu di alis kanan, memang sih kduanya sangat aktif dan agak bandel, tpi pinter juga he he ……

  25. #ralat
    Kdua anak saya unyeng2 nya ada 5, yaitu dua di atas kpla, satu di jidad, satu di alis kiri dan satu di alis kanan, memang sih kduanya sangat aktif dan agak bandel, tpi pinter juga he he ……

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s