Ketupat…

Mumpung masih suasana lebaran, ga salahkan ngomongin ketupat…! Pernah tau asal usul ketupat ga…? Ato kenapa sich setiap lebaran harus nyiapin ketupat…? Palagi pas lebaran ketupat…, pastinya nyiapin ketupat. Nah kalo gitu, kamu2 bisa ikutin ceritanya.. Ceritanya begini…. Dijaman dulu kala ( cie…cie…) kalo lebaran, tradisinya kita saling silaturahmi kerumah sanak sodara sambil bawa masakan ato jajanan kita. Pada saat itu, rumah sodara kita yang jauh membuat kita harus berlama2 diperjalanan. Palagi jaman dulu kan, kendaraan masih sulit ditemui. Maklum jadul…Nah, orang jadul berpikir, kalo kita berlama2 diperjalanan, membuat makanan yang kita bawa bisa cepet basi. Paling tahannya cuma satu hari. Makanya orang berpikir, gimana makanan yang dibuat bisa bertahan lama? Akhirnya, orang menemukan cara dengan membuat ketupat yang bisa bertahan beberapa hari. Begitu juga, kalo kita dirumah pada saat lebaran, kan rumah pada rame… Jadi kita ga sempet buat sering2 masak nasi… Makanya tercipta ketupat. Tapi, kamu tau ga’ siapa yang pertama kali ciptain ketupat…? Yang pasti, yang pertama kali ciptain ketupat adalah orang Bengkulu. Pernahkan denger Ketupat Bengkulu…?

Iklan

13 thoughts on “Ketupat…

  1. orang Bengkulu yang kali pertama ciptain ketupat..? berarti banyak yang jadul dong di sana,…wakakak..

    (Eko Madjid) Biar jadul, yang penting bisa ciptain rekor… Kalo kotanya bang kumis, jember, rekornya apa?
    Kayaknya bang kumis dech yang jadul. Masa’ ga tau istilah “Ketupat Bengkulu”. “Ketupat Bengkulu” itu artinya “Bogem Mentah”

  2. Aku juga tau kok arti dari ketupat bengkulu tuh bogem…. he..he… jadi pengen ngebogem bang kumis deh…..

    (Eko Madjid) saya ga ikut2an ya…!

  3. salah…besar !
    yang nyiptain ketupat pertama kali ntu bukan orang bengkulu, tapi orang bali,
    namanya Ketut, makanya diberi nama ketutpat ato disingkat “ketupat”, klo yang nyiptain bang kumis berarti namanya bangkupat dong?

    (Eko Madjid) ha…ha…. Untung bukan Bangkotan ya!!

  4. Yang menciptakan Ketupat pertama kali adalah Tuhan,jadi orang bengkulu cuman media-nya aja…… hahahaha………..

    (Eko Madjid) Ketupat tu tetep buatan manusia, tapi atas Hidayah dan Petunjuk dari-Nya…

  5. Pak eko, kirimin ketupat dong, aku lagi sedih nih….

    (Eko Madjid) Kok sedih..? ada apa? Tar tak kirimin Bangkupat aja ya.. Soalnya kalo ketupat, dah dihabisin ma pak ketut… 🙂

  6. wakakakka komentar MR. Ketut keren wakakakakak

    salam kenal wahai penghuni blog ini…

    (Eko Madjid) Kenal ma mr. ketut…?
    Salam kenal juga. Sering2 mampir ya…! 🙂

  7. sebagian orang2 wearnes yang ada di list saya kenal bos :D, kalo orang2 baru kayaknya lom kenal deh, soalnya keburu cabs dululuan dari kampus biru (kata mahasiswa disana)

    Oh iya nanti saya sering2 mampir, tapi ada makanan nya ga ? masa mampir ga di suguhi makanan, piye tho kang…

    (Eko Madjid) Ok Dech… 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s